Sejak 2009, Fortuner dan Pajero Sport bertarung ketat merebut singgasana Medium SUV Diesel. Mereka memang pemain utama di kelas tersebut. Memang ada Everest, Captiva VCDi dan Trailblazer, namun mereka tidak dimasukkan di pertarungan ini agar pertarungan dua mobil ini makin seru. Beberapa waktu lalu, Fortuner membekali dirinya dengan VNTurbo yang menaikkan tenaganya bertambah 42 dk menjadi 144 dk, menyalip Pajero Sport biasa (GLX dan Exceed), tetapi masih kalah dengan Pajero Sport Dakar. Dengan body kit dan suspensi dari TRD, ia melawan Pajero Sport yang dilabeli nama Dakar 4x2. Siapakah yang akan menjadi pemenangnya?
TOYOTA FORTUNER VNT TRD SPORTIVO A/T
Ini dia mobil Toyota yang meluncur 2005, facelift 2008 dan 2011. Varian
dress-up seperti TRD Sportivo pada Fortuner tidak dimiliki Pajero Sport,
namun sejak 2010 yang lalu Fortuner sudah memiliki varian yang lebih
sporty tersebut. Fortuner yang satu ini lebih murah Rp 19,1 juta rupiah,
desainnya juga mungkin lebih dinamis dari Dakar yang kaku, namun ia
kalah performa dari Dakar.
Gagah dan keren. |
Ia tak kalah gagah dengan Pajero Sport. Body kit racikan TRD menambah
gagah penampilannya di depan dan belakang. Terlihat sesuai dan cocok
dengannya, walaupun kadang terkesan ndeso.
Interior yang de javu dengan Hilux dan Kijang Innova. Sayang, ia
belum dilengkapi jok kulit seperti halnya Dakar. Padahal hal itu krusial
untuk menambah kemewahan kabin Fortuner. Desainnya juga sudah uzur.
Head unit yang sudah bermonitor sudah biasa, bukan barang mahal apalagi
di kelas Medium SUV.
Ini dia mesin 2.494 cc yang sudah disempurnakan pada September 2012.
VNTurbo yang telah diaplikasikan ke Toyota Hilux menambah tenaga dan
torsinya dari 102 dk dan 265 Nm menjadi 144 dk dan 350 Nm. Torsinya
setara dengan Pajero Sport Dakar. Konsumsi BBM-nya lebih irit dibanding
Dakar, dalam kondisi riil 10,52 km/l (kombinasi, manual), hasil
pengukuran majalah mobilmotor pada ICOTY 2012.
TVC Toyota Fortuner VNT :
TVC Toyota Fortuner VNT :
*bukan ngiklan
MITSUBISHI PAJERO SPORT DAKAR A/T 4x2
Pajero Sport Dakar memiliki tenaga 176 dk dan torsi 350 dk. Lebih besar
dari Pajero Sport biasa yang hanya 136 dk dan 314 Nm. Ia juga dibekali
pelek dan gril spesial yang menambah gagah Dakar. Konsekuensinya,
harganya terdongkrak Rp 38 juta.
Sumber Foto Klik Disini |
Interiornya lebih mewah dari Fortie dengan dua warna, hitam dan krem.
Jok kulit meningkatkan kemewahan dan kenyamanan, menghilangkan kesan
murahan dari jok fabric si Fortuner.
Inilah mesin Hi-Power sang penantang. 2.477 cc 176 dk, 350 Nm. Tenaga lebih besar 32 dk dari Fortuner, tapi torsi sama, 350 Nm. Tetap saja Dakar unggul di performa. 0-100 km/jam dapat ditempuh 10,90 detik, lebih cepat dari Fortuner yang cuma 12,42 detik.
TVC Mitsubishi Pajero Sport Dakar :
*bukan ngiklan
Fortuner VNT TRD Sportivo
A/T
|
Pajero Sport Dakar 4x2
|
|
Mesin
|
2.494 cc 144 dk
|
2.477 cc 176 dk
|
Torsi
|
350 Nm
|
350 Nm
|
0-100 km/jam
|
12,42 detik
|
10,90 detik
|
Kons. BBM dalam/luar kota
|
11,8 km/l / 14,6 km/l
|
9,8 km/l / 13,2 km/l
|
Transmisi/Penggerak
|
4-speed auto/rwd
|
5-speed auto/rwd
|
Panjang x Lebar (mm)
|
4705 x 1840
|
4695 x 1815
|
Tinggi x Ground Clearence
(mm)
|
1850 x 220
|
1840 x 215
|
Wheelbase (mm)
|
2750
|
2800
|
Radius Putar
|
5,9 meter
|
5,6 meter
|
Harga (juta rupiah)
|
Rp 411,9 juta
|
Rp 441 juta
|
Fortuner VNT
|
Pajero Sport
|
|
Harga
|
8
|
7
|
Performa
|
7
|
8
|
Pengendalian
|
8
|
7
|
Kenyamanan
|
7
|
7
|
Kepraktisan
|
8
|
7
|
Akomodasi
|
8
|
8
|
Desain Eksterior
|
8
|
8
|
Desain Interior
|
8
|
9
|
Fitur
|
8
|
9
|
Fun to Drive
|
8
|
7
|
Total
|
78
|
77
|
KESIMPULAN
Fortuner yang irit secara mengejutkan menang atas Dakar yang lebih
bertenaga darinya. Padahal, di pertarungan lain Fortuner selalu kalah.
Sekarang ia sudah berubah dengan VNT dan akhirnya menang di pertarungan
epik ini.
Konsultan Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2
ReplyDelete